Awal yang baik akan menentukan hal yang baik pula. Itulah yang dicoba dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UAD dalam acara Temu Orang Tua/Wali Mahasiswa. Sabtu (26/08/2017) bertempat di Auditorium Kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), FEB mengadakan serangkaian acara temu orang tua /wali mahasiswa baru.  Acara ini merupakan acara tahunan. Pada kesempatan ini Dekan FEB UAD, Dra. Salamatun Asakdiyah, M.Si, menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan kepercayaan para orang tua /wali mahasiswa.

Dekan FEB UAD juga menyampaikan terima kasih karena telah memberikan kepercayaan yang luar biasa untuk mendidik, membimbing, dan menjadikan FEB UAD tempat menuntut ilmu putra/putri nya. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini antara lain untuk menjalin tali silaturahmi dan perkenalan pihak fakultas dengan orang tua/wali mahasiswa. Disamping itu, acara ini untuk menyampaikan bahwa koordinasi, komunikasi yang baik, harus selalu terjalin, karena kesuksesan studi mahasiswa tidak pernah lepas dari kerja sama yang baik antara fakultas dan orang tua/wali.

Dekan FEB UAD juga memaparkan mengenai Visi FEB UAD yaitu “Tahun 2020, menjadi fakultas yang unggul di bidang ekonomi, bisnis dan entrepreneurship, berdaya saing global dan berlandaskan pada nilai-nilai ke-Islaman.” Sehingga lulusan FEB diharapkan memiliki kompetensi yang bisa diunggulkan dan dapat diterapkan di dunia kerja. Visi hanya menjadi harapan tanpa adanya program yang terencana. Maka untuk merealisasikan visi tersebut dibuatlah berbagai program, diantaranya perbaikan kurikulum, peningkatkan kompetensi dosen melalui studi lanjut atau pelatihan, peningkatkan kualitas perkuliahan, serta kerjasama di dalam atau luar negeri.

Harapan kami semua mahasiswa yang menempuh pelaksanaan perkuliahan dapat diselesaikan dalam jangka waktu 4 tahun sebagaimana telah sesuai dengan kurikulum yang telah dirancang di FEB UAD. “Untuk pengembangan mahasiswa FEB UAD memiliki beberapa komunitas, diantaranya Komunitas Studi Pasar Modal (KSPM), Komunitas Tari, Komunitas Futsal, Komunitas Akustik, Himpunan Program Studi Mahasiswa (HMPS), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPM FEB), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat membantu menggali dan meningkatkan talenta non akademik mahasiswa FEB UAD“, ungkap Salamatun.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.30 ini, dihadiri oleh pejabat struktural FEB UAD, Wakil Dekan, Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan, Ketua Program Studi Akuntansi, Ketua Program Studi Manajemen, Ketua Program Studi Bisnis Jasa Makanan, Sekretaris Prodi dan Dosen-dosen Program Studi.

Selanjutnya Para Pejabat Struktural mensosialisasikan kebijakan fakultas terkait dengan kurikulum, visi dan misi FEB UAD, portal mahasiswa, program pertukaran pelajar, serta etika mahasiswa selama menjalankan studi di FEB UAD. Berdasarkan rancangan kurikulum mahasiswa mendapatkan 14 kali pertemuan kuliah, untuk dapat mengikuti ujian akhir semester minimal 11 kali hadir dan mendapatkan 3 kali toleransi dalam setiap mata kuliah yang di tempuh.

Pada kesempatan ini disampaikan bahwa setiap mahasiswa mendapat fasilitas portal mahasiswa untuk kepentingan akademik. Orang tua wali dapat memiliki portal mahasiswa dengan mendaftarkan akun melalui TU FEB. Portal mahasiswa berisi seluruh data yang ada pada mahasiswa termasuk : status mahasiswa aktif/tidak aktif, kehadiran kuliah, nilai dan transkrip mahasiswa. Sedangkan untuk program pertukaran mahasiswa FEB antaranya : Guang Xi University for Nationality Double Degree (B.Sc.), Kyong dong University Korea dan University Utara Malaysia.

Sesuai dengan Visi FEB UAD Tahun 2020, menjadi Fakultas yang unggul dalam bidang ekonomi, bisnis, entrepreneurship, berdaya saing global dan berlandaskan pada nilai-nilai keislaman. FEB akan terus meningkat kan pelayanan dan kualitas yang diberikan kepada mahasiswa, dengan pelayanan akademik yang baik tentu saja akan mendorong mahasiswa untuk lebih aktif bergerak dibidang nya. (hfz, hw)