Sabtu, 19 November 2016, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi (BEM FE) UAD menyelenggarakan seminar nasional bertempat di ruang Auditorium Kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Seminar ini mengusung tema “Pengaruh Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara terhadap Pertumbuhan Ekonomi”.

Seminar nasional ini merupakan salah satu dari serangkaian acara Economic Expo #4 yang merupakan kegiatan tahunan BEM FE UAD, yang tahun ini merupakan tahun ke 4. Harapan dengan adanya seminar nasional ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya pendidikan dan pengenalan budaya-budaya yang ada di Indonesia yang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rekor III UAD, Dr. Abdul Fadlil M.T, Dekan, Wakil Dekan serta dosen di lingkungan FE UAD. Peserta seminar berasal dari mahasiswa UAD maupun masyarakat umum. Hadir sebagai pembicara Ki Herman Sinung Janutama, Budayawan Yogyakarta dan Dr. Ichsanudin Noorsy, BSc., SH., M.Si, pengamat politik ekonomi Indonesia dari Jakarta.  Sebagai pembicara pertama, Ki Herman Sinung menyampaikan pembahasan tentang masyarakat bisnis maritim dalam “Kosmos Giri-Sa-Gara Sinusiodal”. Menurut Ki Herman, maksud dari konsep “Kosmos Giri-Sa-Gara Sinusiodal” adalah seperti alun-alun (lun seperti ombak, atau gelombang) yang didiagramkan menjadi gelombang. Sedangkan pembicara dua Dr. Ichsanudin membahas pertumbuhan ekonomi dari segi politik yang berbasis budaya bangsa. (uki)