temu wali 2015

Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan (FE UAD) menyelenggarakan temu orang tua wali mahasiswa pada Sabtu, 12/09/2015 di Auditorium kampus I UAD. Pada kesempatan ini disampaikan akan dibuatnya portal khusus bagi orang tua wali mahasiswa. “Tujuan portal khusus itu untuk orang tua, untuk mengakses prestasi dan kegiatan perkuliahan putra/putrinya di FE UAD. Selain itu kami juga mengharapkan dapat terjalin komunikasi yang baik antara orang tua/wali mahasiswa dan fakultas”, ungkap Dekan FE UAD, Salamatun, dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FE UAD juga menyampaikan terimakasih atas kerjasama dan kehadiran para orang tua/wali mahasiswa. Dekan FE UAD juga menyampaikan prestasi dan kepercayaan masyarakat terhadap FE UAD. “Kepercayaan masyarakat meningkat, ditunjukkan dengan bertambahnya jumlah mahasiswa FE UAD pada tahun ke tahun. Tahun ini hampir 1.000 mahasiswa diterima FE UAD”, ungkap Salamatun.

Dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat, FE UAD terus berusaha meningkatkan pelayanan dan kualitas yang diberikan kepada mahasiswa. Peningkatan kualitas tersebut diantaranya perbaikan kurikulum, yang saat ini berbasis KKNI, membuka pasar kerja baru, fokus dalam peningkatan proses pembelajaran, meningkatkan sarana dan fasilitas perkuliahan, perbaikan lab, dan tahun ini  dirancang lab untuk tempat magang dan praktek bagi mahasiswa FE.

Selain itu, FE UAD  selalu berupaya meningkatkan kualitas dosen dan staf, dengan cara setiap tahunnya akan dikirim dosen untuk studi lanjut. “Saat ini ada delapan dosen yang studi lanjut di dalam maupun luar negeri”, imbuh Salamatun. Peningkatan kerjasama FE UAD tidak hanya di dalam negeri saja. Pada tahun ini FE UAD sudah berhasil melakukan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri. “Saat ini tujuh mahasiswa FE UAD menjalani studi di Cina, melalui program two plus two, dan tahun ini ada 70 mahasiswa dari Cina yang mengambil kuliah satu atau dua tahun di FE UAD”, ungkap Salamatun.

Sementara itu, FE juga merancang program pertukaran mahasiswa dengan UNIZA Malaysia dan University of Nueva Caceres di Filipina. Pada tahun 2016 nanti, ada sekitar 20 mahasiswa FE UAD yang akan KE UNIZA Malaysia selama seminggu mengikuti berbagai kegiatan di sana.

Selain peningkatan kemampuan akademik, mahasiswa  juga diharapkan mampu mengembangkan dan meningkatkan kemampuan non-akademiknya. Untuk pengembangan mahasiswa tersebut di FE UAD ada beberapa komunitas, diantaranya Komunitas Studi Pasar Modal (KSPM), Komunitas Pengusaha Muda Manajemen, Komunitas Tari, Komunitas Akustik, Komunitas Futsal,  Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM F), Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPM FE) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM),  dan setiap tahunnya diselenggarakan Economic Fair untuk menggali talenta non-akademik mahasiswa FE UAD.

Dalam kesempatan yang sama, orang tua dari Binawati (mahasiswa FE UAD) menyampaikan, temu orang tua yang diadakan oleh FE UAD merupakan awal yang baik, orang tua/wali juga telah mempercayakan putra/putrinya melanjutkan pendidikan di FE UAD, dan harapannya  menjadi lulusan yang berkompeten dan bermoral. Dengan kepercayaan tersebut, seluruh jajaran dekanat, kaprodi dan staf mengucapkan terimakasih dan akan terus meningkatkan serta memonitoring proses pembelajaran. Monitoring dilakukan melalui buku saku yang diberikan kepada setiap mahasiswa, evaluasi yang dilakukan setiap priodik dan pemberian langsung hasil ujian akhir kepada orang tua/wali. (uki)