opening economic expo 2015

 

Bertempat di green hall kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi (BEM FE), Senin, 30/11/2015 mengadakan opening ceremony Economic Expo 2015. Kegiatan ini adalah yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh BEM FE, yang mana Economic Expo pertama kali diselenggarakan tahun 2013. Economic Expo tahun ini mengangkat tema “Lets Build Economy With Our Colour”.

Gubernur BEM FE, Rohandi Yusuf mengungkapkan, “Economic Expo tahun ini sedikit berbeda dengan tahun yang sebelumnya. Pertama pada tema yang diangkat, maksud dari tema itu adalah kita ingin menyatukan kawan-kawan mahasiswa terutama di Fakultas Ekonomi yang berbeda-beda karakternya, daerahnya, berbeda keahlian dan kesukaan untuk bisa mewadahi mereka menjadi satu di Fakultas Ekonomi,” ungkap Yusuf. Selain itu, perbedaan juga terlihat pada beberapa kegiatan lomba yang berbeda, diantaranya lomba debat, colour fan run dan bazaar yang bekerjasama dengan matakuliah praktik bisnis. Yusuf berharap, tahun depan Economic Expo yang ke empat bisa lebih baik dan lebih besar lagi dari pada tahun ini.

Sementara itu Dra. Salamatun Asakdiyah, M.Si, selaku Dekan FE UAD menyampaikan terimakasih kepada panitia dan berharap kegiatan Economic Expo bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan softskill dan jiwa berwirausaha, yang memang juga menjadi visi dari FE.

Menurut ketua panitia Economic Expo, Catur Ariyanto, kegiatan Economic Expo sudah diawali dengan dengan dua perlombaan yaitu lomba pidato dan tartil Qur’an yang berlangsung pada 23 November 2015 bertempat di green hall kampus 1 UAD. “Sebelum opening dimulai, memang kita sudah ada dua perlombaan yang dilaksanakan, lomba itu merupakan acara pra opening,” imbuh Catur. Catur juga menerangkan, bahwa kegiatan Economic Expo masih akan terus berlanjut setelah adanya pra kegiatan lomba. Pada Selasa, 1 Desember 2015 ada lomba game PES, sedangkan pada Kamis, 3 Desember 2015 kegiatan yang berlangsung adalah economic got talent, yaitu mencari bakat-bakat mahasiswa FE.

Ahad, 6 Desember 2015, Economic Expo mengadakan bakti sosial penanaman pohon dan bersih gunung di Nglanggeran, gunung api purba Gunung Kidul. Satu hal yang menarik adalah panitia economic expo membeli langsung bibit pohon dengan uang hasil penjualan bunga di sekitaran nol kilometer sampai sepanjang Malioboro. Selanjutnya pada Selasa, 8 Desember 2015 diadakan lomba studi kasus dan pada Kamis, 10 Desember 2015 lomba dilanjutkan dengan debat ekonomi. Debat ekonomi ini mengangkat isu tentang anjloknya nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar Amerika. Selanjutnya hasil dari debat ini akan diadakan diskusi yang akan mengundang STEI Hamfara dan STEI Yogyakarta.

Acara puncak Economic Expo dilaksanakan pada Minggu, 13 Desember 2015. Pada hari tersebut ada dua kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia economic expo. Diantaranya, colour fan run yang akan dilaksanakan pada pagi hari. Sedangkan untuk malamnya akan dilaksanakan closing ceremony economic expo dan pengumuman pemenang semua lomba yang akan dilaksanakan di ruang auditorium kampus 1 UAD. (uki)