bukopin syariahDalam rangka peningkatan pelayanan perbankan syariah, hari ini Rabu, 21/10/2015 Bank Syariah Bukopin (BSB) membentuk Mini Bank Syariah di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Pembentukan Mini Bank Syariah ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara BSB dengan UAD tentang penyelenggaraan program Mini Bank Syariah di Fakultas Ekonomi UAD Yogyakarta.

Kerjasama ini ditandatangani oleh Pimpinan Cabang BSB Yogyakarta, Muhammad Donni Riyangga dengan Dewi Amalia, SE, M.Si selaku Kepala Program Studi Akuntasi dan Dra. Salamatun Asakdiyah, M.Si selaku Dekan FE UAD, disaksikan oleh Riyanto, Direktur Utama BSB. “Kerjasama ini sebagai lanjutan kerjasama yang telah berlangsung dengan pimpinan pusat Muhammadiyah dimana UAD adalah salah satu amal usaha yang dimiliki oleh Muhammadiyah yang bergerak dibidang pendidikan”, ungkap Riyanto. Nantinya pelaksana teknis mini bank ini adalah prodi Akuntansi.

Riyanto menambahkan, BSB menyediakan software mini bank syariah. Selain itu, hadirnya laboratorium tersebut juga membantu kampus menyediakan sumber daya manusia (SDM) dengan kompetensi sebagaimana yang dibutuhkan industri perbankan syariah. “Kami sepakat membantu pihak kampus menghadirkan laboratorium perbankan syariah sebagai saran praktek bagi mahasiswa FE di kampus tersebut”,   ungkapnya.

Selain kerjasama penyelenggaraan program mini bank syariah, BSB juga melakukan penandatanganan kerjasama tentang pelayanan dalam pembayaran keuangan mahasiswa UAD yang ditandatangi oleh Riyanto selaku direktur utama BSB dan Dr. H. Kasiarno, M.Hum  selaku Rektor Universitas  Ahmad Dahlan dan disaksikan oleh Tri Joko Prihanto komisaris utama BSB dan Prof Dr. H. Yunahar  Ilyas, Lc., M.Ag. selaku Badan Pembina Harian (BPH) UAD Yogyakarta.

Riyanto mengungkapkan dengan adanya penandatanganan kerja sama ini maka BSB akan menyediakan jasa layanan pembayaran keuangan mahasiswa UAD yang meliputi sumbangan pengembangan pendidikan (SPP) secara online. Selain SPP online, BSB juga melakukan kerja sama dengan UAD mengenai jasa layanan perbankan elektronik Cash Management Bank Syariah Bukopin yang memudahkan nasabah dalam melakukan akses inquiry saldo dan transaksi secara Real Time On-Line. “Adanya penandatanganan mini bank syariah, SPP online dan cash management di kampus menunjukkan BSB peduli pendidikan. Dengan adanya laboratorium perbankan, dosen, dan  civitas academica dapat mempelajari praktik perbankan syariah, ”ujarnya. (uki)